Sunday, October 21, 2018

Fotografer TERKENAL DI INDONESIA


1. ANDREAS DARWIS TRIADI

Andreas Darwis Triadi adalah fotografer yang terkenal paling berpengalaman di IndonesiaDarwis mulai merintis karirnya dalam dunia fotografi sejak tahun 1979. Kemampuannya sebagai fotografer professional sudah tidak di ragukan lagi. Prestasinya yaitu, ia dapat menunjukkan hasil karya fotografinya pada majalah tahunan Hasselblad.
Di awali pada tahun 1980 dari foto untuk brosur Hotel Borobudur dengan bayaran sebesar Rp 50.000, perjalanannya semakin dikenal karena berani menampilkan sesuatu yang berbeda. Tahun 1981 Darwis bersama para fotografer amatir memamerkan hasil karyanya. Rekan-rekan fotografernya memajang bermacam-macam foto bertemakan lanskap dan humanis, Darwis kala itu memajang foto beberapa model dan peragawati. Para pengunjung kaget sekaligus kagum. Tetapi tidak sedikit orang juga yang menyebut Darwis sebagai fotografer yang tidak tahu teknik foto serta menentang arus.
Fotografer Indonesia
Darwis Triadi adalah salah satu fotografer yang terkenal paling berpengalaman di Indonesia
Tahun 1990 dia diberi kepercayaan untuk menampilkan karyanya di majalah tahunan yang berskala internasional Hasselblad. Dalam waktu yang bersamaan, ia sempat mempresentasikan slide andalannya dalam acara Photo Kina International Competition di Kohn, Jerman. Majalah Vogue yang juga berskala internasional memajang karyanya pada artikel spesial tentang Indonesia. Produsen lampu Broncolor, Bron Elektronik AG dari Swiss, juga memilihnya untuk mengisi kalender Broncolor tahun di 1997
Karya Darwis di bidang fotografi juga bisa di lihat dari berbagai macam foto produk-produk untuk iklan dari berbagai produsen besar seperti Nokia, Philips, BCA, Permata Bank, Satelindo, Indofood,Sony Ericsson, Telkom, PT. Unilever, Bank Mandiri, Mustika Ratu, Sari Ayu, Warner Music, Aquarius Music, Sony Music. Darwis juga telah menghasilkan karya berupa buku mengenai fotografi seperti Kembang Setaman, Secret Lighting dan Terra Incognita Tropicale. Juga majalah Indonesian Photographer.
Darwis sering membuat seminar, dan workshop tentang fotografi. Dia juga telah mendirikan lembaga pendidikan fotografi di Jakarta Selatan. Dan memiliki studio Darwis Triadi Photography, dia juga membuka sekolah yang diberi nama Darwis Triadi School of Photography. Sebuah tempat yang merupakan salah satu impian dari Darwis, agar fotografi menjadi lebih terbuka.



2. STANLEY ALLAN

Stanley Allan adalah seorang fotografer pernikahan yang populer di Indonesia, khususnya di Jakarta. Stanley memulai merintis karirnya dalam dunia fotografi sejak 1997 dan berkembang begitu pesat. Stanley berfokus pada fotografi pernikahan. Stanley Allan merupakan fotografer wedding ternama di Jakarta dan telah berkarir sebagai fashion fotografer sejak tahun 1997 setelah lulus dari Leselle Collage Jakarta.
Fotografer Indonesia
Stanley sangat terkenal untuk pemotretan wedding dan pre-wedding, karena hasil karyanya yang sudah tidak di ragukan lagi dalam sederet potret pernikahan


3. JIMMY ISKANDAR

Otodidak dan telaten, sifat yang melekat pada diri Jimmy Iskandar, pewaris tahta Tarzan Photo yang berdiri sejak tahun 1948. Bermodalkan 13 jutaan, Jimmy mendongkrak Tarzan Photomenjadi primadona. Ketenarannya melambung saat mempelopori foto bermedia kanvas. Melewati tiga zaman, foto hitam putih, foto berwarna, hingga era digital. Tarzan Photo pun sukses mencatat sejarah memotret 5 presiden. Sang fotografer, Jimmy Iskandar sangat terkenal handal di ranah Istana Negara kala itu,
Darah sang ayah, Tjhang Khioe Sian rupanya mengalir deras pada diri Jimmy Iskandar. Sejak usia dini, Jimmy sudah mengagumi pekerjaan sang ayah sebagai juru foto dokumentasi surat-surat resmi dan pas foto dengan menggunakan alat sederhana manual. Di usianya yang baru menginjak 18 tahun, Jimmy sudah mulai akrab dengan tombol-tombol kamera. Baginya, tahun 1980-an seperti menjadi babak baru bagi kehidupannya. Ia dituntut untuk mandiri. Ditahun itu, atas restu orang tua iapun membuka usaha fotografi dengan modal sekitar 13 jutaan. Butuh waktu 5 tahun untuk menjadi tenar.
fotografer Indonesia
Jimmy Iskandar telah memiliki Minat Fotografi sejak masa kecilnya, yang di turunkan dari ayahnya yang juga seorang fotografer handal pada masanya
Berkat foto kanvas yang dipeloporinya, perlahan usaha yang dibidiknya mulai melejit, bahkan hingga ranah Istanah Negara. Tak aneh, jika kemudian orderan pun terus mengalir. Fotografer yang telah melewati tiga zaman ini terus ‘berdansa’ dengan pesanan kelas atas. Dalam catatan karirnya, setidaknya ia telah sukses memotret 5 presiden RI berturut-turut. Selain itu pemotretan di event akbar seperti KTT Non Blok ke 10 (1992) dan Konferensi Asia Afrika (KAA) Golden Anniversary (2005) dalam sederet data yang menceritakan kegemilangannya selama berkarir di dunia fotografi.

4. MARSIO JUWONO

Salah satu fotografer terkenal Indonesia lainnya, yaitu Marsio Juwono. Marsio juga adalah salah satu fotografer yang terpopuler di Indonesia. Dia memulai karir fotografinya sejak tahun 2002. Marsio Juwono juga termasuk fotografer pre-wedding terpopuler. Setelah lebih dari 15 tahun berkarya, Marsio kini juga menjadi pembicara di beberapa kelas fotografi.

5. JACKY SUHARTO

Selain Stanley Allan, fotografer yang terkenal untuk foto pernikahan, Jacky Suharto juga adalah fotografer untuk pernikahan. Jacky sangat handal untuk foto pre-wedding di JakartaIa memulai karirnya dalam dunia fotografi sejak tahun 2000, membuatnya semakin komersial serta menjadi fotografer terkenal di Indonesia.

Sumber : https://foto.co.id/13-fotografer-terpopuler-indonesia/

No comments:

Post a Comment

Tips Fotografi Underwater Sumber :  https://www.instagram.com/p/BvnpxUWBPNj/ Fotografi Underwater memang belum sebanyak jenis f...